RPP Bahasa Indonesia Kelas IV Semester 1

BAB  I

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                        : Bahasa IndonesiaKelas/Semester                        : IV / 1

Pertemuan ke-                         : 1 ( satu) dari 4 kali pertemuan

Pertemuan ke-2  s.d. ke -3 dibuat sendiri

oleh guru.

Alokasi Waktu                        : 2 jam pelajaran (70 menit)

Standar Kompetensi               :1. MendengarkanMendengarkan penjelasn tentang petunjuk denah dan symbol daerah/lambang korp

Kompetensi dasar                    :  1.1..Membuat gambar/denah berdasarkan                                                               penjelasan yang didengar

Indikator :

  • Menentukan letak suatu tempat sesuai penjelasan yang didengar.
  • Menjawab pertanyaan sesuai penjelasan/denah yang didengar.
  • Membuat/menggambar denah sesuai penjelasan yang didengar
  1. Tujuan
    1. Dengan mendengarkan penjelasan tentang denah peserta didik dapat menentukan letak suatu tempat
    2. Dengan diskusi peserta didik dapat menjawab pertanyaan sesuai penjelasan denah yang didengar.
    3. Dengan pemberian tugas peserta didik dapat membuat denah penjelasan yang didengar.
  1. Materi Ajar

Pertemuan I

  1. Mendengarkan penjelasan letak suatu tempat.
  2. Menentukan letak suatu tempat sesuai dengan penjelasan yang didengar.

Pertemuan II

  1. Mendengarkan penjelasan letak suatu tempat
  2. Menjawab pertanyaan perihal letak suatu tempat berdasar dari penjelasan yang didengar

Pertemuan III

  1. Mendengarkan penjelasan tentang letak suatu tempat
  2. Menggambar denah sesuai penjelasan yang didengar.

Pertemuan IV

1.   Evaluasi

  1. Pendekatan dan Metode pembelajaran

1. Pendekatan       : CTL,Cooperatif Learning

2. Metode              :  – ceramah, Tanya jawab, diskusi, pemberian tugas.

  1. Kegiatan Pembelajaran. (Pertemuan  Pertama)
  1. Kegiatan Pendahulan
  • Guru membuka pelajaran dengan salam
  • Peserta didik diajak menyanyi lagu “Arah Mata Angin”
  • Guru bertanya kepada peserta didik-adakah anak yang pernah diajak ayah/ibunya bepergian.
  • Guru menyuruh salah ssatu peserta didik untuk menceritakan jalur yang dilewati ketika ia bepergian.
  1. Kegiatan inti
  • Guru  membaca/memperdengarkan letak suatu tempat.
  • Pserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru.
  • Guru memberi kesempatan peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas
    • Guru mejelaskan perihal yang belum siswa pahami
    • Guru membagi peserta didik menjadi kelompok-kelompok kecil.
    • Guru membagi lembar tugas kelompok
    • Peserta didik menyelesaikan lembar tugas
    • Peserta didik melaporkan hasil diskusi.
    • Guru memil;ih hasil terbaik dan memajangkannya
  1. Kegiatan Akhir.
  • Guru meminta peserta didik untuk mengulangi/mempelajar materi yang telah disampaikan oleh guru.
    • Guru  tugas/pekerjaan rumah untuk mendeskripsikan letak rumah dari sekolah.
  1. E. Penilaian
    1. Penilaian proses

Guru membacakan/menjelaskan letak suatu tempat

1). Soal dikerjakan secara klasikal

Deskripsi letak suatu tempat ( dibacakan oleh guru)

Dhani ingin pergi ke toko buku. Dari rumah ia berjalan ke arah utara melewati Jalan Melati. Sampai di simpang tiga belok  ke kiri melewati Jal an Wijaya. Di sebelah kiri jalan tersebut terdapat Puskesmas menghadap ke jalan raya. Di seberang jalan ada SD Wonosari yang berhadapan dengan Puskesmas. Dhani berjalan lurus. Sampai simpang empat belok ke kanan melewati jalan Mawar. Di Sebelah kiri Jalan Mawar terdapat gedung BNI. Dhani berjalan terus, sampai di simpang tiga belok ke kanan masuk jalan Kenanga. Di situlah letak took buku yang berada di sebelah kiri jalan.

Pertanyaan klasikal

  1. Ke manakah Dhani pergi?
  2. Jalan apa sajakah yang dilewati Dhani dari rumah sampai tiko buku?
  3. Gedung apa sajakah yang berada di sebelah kiri jalan yang dilewati Dhani?

Kunci jawaban.

  1. ke toko buku
  2. Jln. Melati, Jln. Wijaya, Jln Kenanga
  3. Puskesmas. BNI, dan Toko buku.

Soal dikerjakan oleh kelompok kecil

Deskripsi letak suatu tempat sebagai berikut (dibacakan oleh guru),

Rumah Hasan menghadap ke selatan. Hasan akan pergi ke mesjid. Dari rumah, Hasan berjalan kea rah timur. Sampai simpang tiga Hasan belok kir, kemudian Hasan berjalan terus sampai simpang empat. Setelah itu, ia mengambil arah ke barat. Di situlah, letak mesjid yang Hasan tuju. Mesjid itu berada di sebelah kanan jalan.

Pertanyaan dari deskripsi yang diperdengarkan.

  1. Menghadap ke manakah rumah Hasan?
  2. Ke arah manakah mula-mula ketika Hasan hendak pergi ke mesjid?
  3. Berapa kalikah Hasan belok kiri dari rumah Hasan sampai di mesjid?

Jawab

  1. rumah Hasan menghadap ke selatan
  2. arah pertama yang Hasan tuju yaitu ke arah timur
  3. Belok ke kiri sebanyak dua kali.
  1. Penilaian hasil

(evaluasi menyeluruh/ materi satu kompetensi dasar: mendengarkan dilaksankan pada pertemuan ke empat)

Soal evaluasi dikerjakan secara individual.

LEMBAR EVALUASI

Nama               : ………………….

  1. ……………..
  2. ……………..

Kunci jawaban:

1. ……………………..

2. …………………., dst

  1. Alat dan Sumber Belajar

1. Alat belajar  : Tape recorder

2. Sumber belajar        : dokumen KTSP

-Buku Bahasa yang relevan

-Deskripsi letak tempat/denah yang dibuat oleh guru

-Dll

Yogyakarta,…………………

Mengetahui

Kepala SD WIDORO                                               Guru kelas IV

Fauzie                                                                          Muh.Wardanuddin

NIP.19531021 1976 04 1 001

BAB  II

SKENARIO  PEMBELAJARAN

GAMBARAN INTERAKSI GURU DAN MURID DALAM PEMBELAJARAN

No. Kegiatan Guru Kegiatan Siswa
1. Guru mengucapkan salam Siswa membalas salam dari guru
2. Guru mengajak pesaerta didik menyanyi lagu “Arah Mata Angin” Peserta didik menyanyi lagu  “ Arah Mata Angin”
3. Guru bertanya kepada peserta didik,“Siapakah yang pernah diajak Ayah/Ibu bepergian?” Jawaban siswa missal,Saya,

Sya belum pernah, saya sering.

4. Guru melanjutkan pertanyaan bila ada yang menjawab pernah/sering diajak.“Ke mana ? Siswa menjawab, missal,Ke swalayan,dll
5. Guru meminta kepada slah satu siswa untuk maju menceritakan pengalaman perjalanan dari rumah sampai ke tujuan Siswa maju menceritakan pengalamannya.Jalan yang pernah dilaluinya serta arah mata angina juga belok kanan atau ke kiri.
6. Guru membacakan letak suatu tempat Peserta didik mendengarkan penjelasan/deskripsi suatu tempat.
Dhani ingin pergi ke toko buku. Dari rumah ia berjalan ke arah utara melewati Jalan Melati. Sampai di simpang tiga belok  ke kiri melewati Jal an Wijaya. Di sebelah kiri jalan tersebut terdapat Puskesmas menghadap ke jalan raya. Di seberang jalan ada SD Wonosari yang berhadapan dengan Puskesmas. Dhani berjalan lurus. Sampai simpang empat belok ke kanan melewati jalan Mawar. Di Sebelah kiri Jalan Mawar terdapat gedung BNI. Dhani berjalan terus, sampai di simpang tiga belok ke kanan masuk jalan Kenanga. Di situlah letak took buku yang berada di sebelah kiri jalan.
7. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan perihal yang belum jelas. Peserta didik bertanya
8. Guru memberikan pertanyaan berkait dengan deskripsi yang diperdengarkan Peserta didik  menjawab
Pertanyaan klasikal

  1. Ke manakah Dhani pergi?
  2. Jalan apa sajakah yang dilewati Dhani dari rumah sampai tiko buku?
  3. Gedung apa sajakah yang berada di sebelah kiri jalan yang dilewati Dhani?

Kunci jawaban.

  1. ke toko buku
  2. Jln. Melati, Jln. Wijaya, Jln Kenanga
  3. Puskesmas. BNI, dan Toko buku.
9. Guru membentuk kelompok kecil Siswa membentuk kelompok kecil
10. Guru membagikan lembar tugas Siswa membaca lembar tugas
11. Guru meminta siswa mengerjakan lembar tugas secara kelompok Siswa mengerjakan lembar tugas
12. Rumah Hasan menghadap ke selatan. Hasan akan pergi ke mesjid. Dari rumah, Hasan berjalan kea rah timur. Sampai simpang tiga Hasan belok kir, kemudian Hasan berjalan terus sampai simpang empat. Setelah itu, ia mengambil arah ke barat. Di situlah, letak mesjid yang Hasan tuju. Mesjid itu berada di sebelah kanan jalan.Pertanyaan dari deskripsi yang diperdengarkan.

  1. Menghadap ke manakah rumah Hasan?
  2. Ke arah manakah mula-mula ketika Hasan hendak pergi ke mesjid?
  3. Berapa kalikah Hasan belok kiri dari rumah Hasan sampai di mesjid?

Jawab

1. rumah Hasan menghadap ke selatan

2. arah pertama yang Hasan tuju yaitu ke arah timur

3. Belok ke kiri sebanyak dua kali.

13 Guru meminta laporan kerja kelompok Siswa melaporkan hasil kerja kelompok
14. Guru meminta tanggapan laporan kelompok Kelompok lain menanggapi
15. Guru menilai hasil kelompok kemudian memajangkannya Siswa membantu memajangkannya

BAB III

KETERANGA KEGIATAN PEMBELAJAR

A. Kegiatan Eksplorasi

  • Guru membuka pelajaran dengan salam
  • Peserta didik diajak menyanyi lagu “Arah Mata Angin”
  • Guru bertanya kepada peserta didik-adakah anak yang pernah diajak ayah/ibunya bepergian.
  • Guru menyuruh salah ssatu peserta didik untuk menceritakan jalur yang dilewati ketika ia bepergian.

B. Kegiatan Elaborasi

  • Guru  membaca/memperdengarkan letak suatu tempat
  • Pserta didik mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru
  • Guru membagi peserta didik menjadi kelompok-kelompok kecil
  • Guru membagi lembar tugas kelompok
  • Peserta didik menyelesaikan lembar tugas
  • Peserta didik melaporkan hasil diskusi
  • Guru memilih hasil terbaik dan memajangkannya

C. Kegiatan Konfirmasi

  • Guru meminta peserta didik untuk mengulangi/mempelajar materi yang telah disampaikan oleh guru.
    • Guru  tugas/pekerjaan rumah untuk mendeskripsikan letak rumah dari sekolah.
    • Guru mejelaskan perihal yang belum siswa pahami
    • Guru memberi kesempatan peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas

BAB  I

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                        : Bahasa IndonesiaKelas/Semester                        : IV / 1

Pertemuan ke-                         : 1 ( satu) dari 4 kali pertemuan

Pertemuan ke-2  s.d. ke -4 dibuat sendiri

oleh guru.

Alokasi Waktu                        : 2 jam pelajaran (70 menit)

Standar Kompetensi               :2.  BerbicaraMendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat

Kompetensi dasar                    :  2.1.Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut

Indikator :

  • Menjelaskan ciri-ciri khusus suat tempat sesuai gambar
  • Mendeskripsikan suatu tempat sesuai gambar
  • Melaporkan secara lisan deskripsi suatu tempat dalam gambar
  1. A. Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan penugasan mengamati gambar suatu tempat sesuai gambar siswa dapat menjelaskan ciri-ciri khusus suatu tempat.sesuai gambar.
  2. Dengan diskusi siswa dapat mendeskripsikan suatu tempat sesuai gambar.
  3. Dengan penugasan siswa dapat melaporkan secara lisan suatu tempat sesuai gambar.
  1. B. Materi Ajar

Pertemuan I

  1. mengamati gambar
  2. menemukan suatu tempat dari gambar
  3. mencari ciri-ciri khusus suatu tempat dari gambar

Pertemuan II

  1. Mengamati gambar
  2. Mendeskripsikan suatu tempat sesuai gambar gambar

Pertemuan III

  1. Mengamati gambar
  2. Melaporkan sesara lisan deskripsi suatu tempat sesuia gambar

Pertemuan IV

1. Evaluasi

  1. C. Pendekatan dan Metode Pembelajarn

Pendekatan        : CTL,Kooperatif Learning

Metode               : Tanya jawab, Pemberian tugas, diskusi, dan ceramah

  1. D. Kegiatan Pembelajaran  ( Pertemuan pertama)

  1. Kegiatan Pendahuluan
  • Guru membuka pelajaran dengan salam
  • Aguru bertanya kepada siswa – adakah siswa yang pernah melihat cirri-ciri khusus suatu tempat
  • Guru meminta salah satu siswa untuk menceritakan sebuah tempat dengan cirri-ciri khususnya
  1. Kegiatan Inti
  • Guru mengajak siswa mengamati suatu tempat
  • Guru menunjuk beberapa siswa menyebutkan beberapa ciri khusus yang ada pada suatu tempat
  • Guru tanya jawab perihal ciri khusus suatu tempat
  • Guru membagi siswa dalam kelompok kecil
  • Siswa mengerjakan tugas kelompok
  • Siswa melaporkan hasil hasil diskusi kelompok di depan kelas
  • Kelompok lain memberikan tanggapan
  • Guru memilih hasil terbaik dan memajangkannya
  1. Kegiatan Penutup
  • Guru menugasi siswa menjelaskan cirri-ciri khusus suatu tempat  yang terdapa di rumah masing-masing.
  • Guru menutup pelajaran dengan salam
  1. E. Penilaian

  1. Penilaian Proses

Teknik    ; Pemaparan

Bentuk   : Pemberian tugas

1)      Soal dikerjakan secara klasikal

Guru memperlihatkan gambar ruang kelas.

Pertanyaan  gambar

1). Sebutkan cirri-ciri khusus  gambar ruang kelas

2). Apa kegunaan ruang kelas

3). Sebutkan lima buah benda yang berada dalam ruang kelas

4). Sebutkan kegunaan benda-benda dalam ruang kelas

Kunci jawaban

1). Ciri-ciri khusus ruang kelas  (misal jawaban)

a. ada papan tulis

b. ada alat tulis

c. ada penghapus

d. ada meja/kursi guru

e. ada meja/kursi siswa

f. ada papan data siswa

g. ada papan pajangan, dll

2). Kegunaan ruang kelas untuk belajar-mengajar

3). Benda-benda yang ada dalam kelas,

misal: papan tulis, kapur, penghapus papan tulis, meja guru/siswa, kursi guru/siswa, data siswa.

4). Guna benda yang berada di ruang kelas.

Papan tulis    – untuk menulis

Kapur           – untuk menulis

penghapus    – untuk menghapus tulisan di papan tulis

meja              – untuk alas menulis guru/siswa

kursi             – untuk duduk guru/siswa

papan data    – untuk menulis data siswa/kelas

Kriteria dan instrumen penilaian:

No Aspek Nilai
1. Isi
  1. Isi  sesuai dengan gambar
  2. Isi  kurang sesuai dengan gambar
  3. Isi  sedikit sesuai dengan gambar
  4. Isi  tidak sesuai dengan gambar
43

2

1

2. Bahasa
  1. Struktur sesuai kaidah, dengan Bahasa Indonesia
  2. Struk benar, namun pilihan kata kurang tepat.
32
3. kerapian a.. Tulisan bagus ( terbaca dan rapi)b. Tulisan bagus terbaca, kurang rapi

c. tulisan kurang bagus, terbaca, kurang rapi

32

1

Jumlah nilai maksimal 10

Format penilaian

No Nama Aspek penilaian Jumlah
Isi bahasa Kerapian
1. Edy
2. Firman
3. Ratna, dll

  1. 2. Penilaian Hasil

Penilaian hasil dilaksanakan pada pertemuan keempat (evaluasi formatif)

  1. F. Alat dan sumber belajar

Alat belajar            : papan tulis, gambar

Sumber belajar      : Gambar ruang kelas, gambar denah gedung sekolah, dokumen KTSP, Buku Bahasa Indonesia yang relevan.

Yogyakarta, ……………………….

Mengetahui

Kepala SD WIDORO                                                     Guru kelas IV

…………………………..                                          ………………………….

NIP  …………………..                                             NIP  …………………..

BAB  II

SKENARIO  PEMBELAJARAN

GAMBARAN INTERAKSI GURU DAN MURID DALAM PEMBELAJARAN

No. Kegiatan Guru Kegiatan Siswa
1. Guru mengucapkan salam Siswa membalas salam dari guru
2. Guru bertanya kepad siswa’“Siapa yang pernah melihat tempat yang memiliki cirri khusus?”

„ Apa nama tempat itu“

Siwa mejawabSaya pernah melihat.

Mesjid.

3. Guru memperlihatkan gambar ruang kelas(Lihat gb ruang kelas pada RPP atau

Bab I bagian penilaian proses)

Siswa mengamati gambar ruang kelas
4. Guru melanjutkan dengan pertanyaan untuk klasikal/kelompok kecil:1). Sebutkan cirri-ciri khusus  gambar ruang kelas

2). Apa kegunaan ruang kelas

3). Sebutkan lima buah benda yang berada dalam ruang kelas

4). Sebutkan kegunaan benda-benda dalam ruang kelas

Siswa menjawab pertanyaan:1). Ciri-ciri khusus ruang kelas  (misal jawaban)

a. ada papan tulis

b. ada alat tulis

c. ada penghapus

d. ada meja/kursi guru

e. ada meja/kursi siswa

f. ada papan data siswa

g. ada papan pajangan, dll

2). Kegunaan ruang kelas untuk belajar-mengajar

3). Benda-benda yang ada dalam kelas,

misal: papan tulis, kapur, penghapus papan tulis, meja guru/siswa, kursi guru/siswa, data siswa.

4). Guna benda yang berada di ruang kelas.

Papan tulis    – untuk menulis

Kapur                  – untuk menulis

penghapus           – untuk menghapus tulisan di papan tulis

meja                     – untuk alas menulis guru/siswa

kursi                    – untuk duduk guru/siswa

papan data           – untuk menulis data siswa/kelas

5. Guru meminta kelompok melaporkan hasil diskusi Siswa melaporkan hasil diskusi
6. Guru meminta kelompok lain menang-  gapi hasil diskusi kelompok lain Siswa memberikan tanggapan hasil diskusi dari kelompok lain.
7. Guru memberikan layanan pada kelompok yang membutuhkan Siswa menanyakan pada guru bila ada permasalahan yang tidak dapat diselesaikan dalam kelompok
8. Guru mengoreksi hasil pekerjaan siswa dan menentukan hasil terbaik untuk dipajang Siswa memajangkan hasil evaluasi terbaik
9. Guru menugasi siswa menyebutkan ciri khusus suatu tempat dari Siswa  siap mengerjakan tugas dari guru
10. Guru menutup pelajaran dengan salam Siswa menjawab salam dari guru

BAB III

KETERANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan Eksplorasi
  • Guru membuka pelajaran dengan salam
  • Guru menutup pelajaran dengan salam
  • Guru bertanya kepada siswa – adakah siswa yang pernah melihat cirri-ciri khusus suatu tempat
  • Guru meminta salah satu siswa untuk menceritakan sebuah tempat dengan cirri-ciri khususnya
  • Kelompok lain memberikan tanggapan

  1. Kegiatan Elaborasi

  • Guru mengajak siswa mengamati suatu tempat
  • Guru menunjuk beberapa siswa menyebutkan beberapa ciri khusus yang ada pada suatu tempat
  • Guru tanya jawab perihal ciri khusus suatu tempat
  • Guru membagi siswa dalam kelompok kecil
  • Siswa mengerjakan tugas kelompok
  • Siswa melaporkan hasil hasil diskusi kelompok di depan kelas
  • Kelompok lain memberikan tanggapan
  • Guru memajangkan hasil terbaik

  1. Kegiatan Konfirmasi
  • guru menugasi siswa menjelaskan cirri-ciri khusus suatu tempat  yang terdapa di rumah masing-masing.

BAB  I

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                        : Bahasa IndonesiaKelas/Semester                        : IV / 1

Pertemuan ke-                         : 1 ( satu) dari 4 kali pertemuan

Pertemuan ke-2  s.d. ke -4 dibuat sendiri

oleh guru.

Alokasi Waktu                        : 2 jam pelajaran (70 menit)

Standar Kompetensi               : 3. MembacaMemahami teks agak panjang, petunjuk pemakaian,   makna  kata dalam kamus/ensiklopedi

Kompetensi dasar                    :  3.1.Menemukan pikiran pokok dalam teks agak panjang dengan cara membaca sekilas.

Indikator :

  • membaca teks percakapan
  • menjawab pertanyaan bacaan
  • menemukan pikiran pokok dari bacaan teks percakapan

A.  Tujuan Pembelajaran

1. Dengan  penugasan membaca teks percakapan  siswa dapat menyebutkan tokoh pelaku   percakapan.

2.  Dengan diskusi siswa dapat menjawab pertanyaan bacaan.

3.  Dengan tanya jawab  siswa dapat menemukan pikiran pokok yang terdapat dalam bacaan.

B. Materi Ajar

Pertemuan I

  1. Membaca teks percakapan
  2. Menjawab pertanyaan bacaan.

Pertemuan II

  1. Membaca teks percakapan
  2. Menyebutkan tokoh-tokoh dalam teks percakapan

Pertemuan III

  1. Membaca teks percakapan
  2. Menemukan pikiran pokok bacaan treks percakapan

Pertemuan IV

1.   Evaluasi

  1. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
    1. Pendekatan : Contecttual  Teaching learning,
    2. Metode       :

- Tanya jawab

- Ceramah

- Diskusi

- Pemberian tugas

D. Kegiatan Pembelajaran   (Pertemuan pertama)

1. Kegiatan Pendahuluan

  • Guru membuka pelajaran dengan salam
  • Guru bertanya siswa-adakah siswa yang senang acara drama/sinetron di TV.
  • Guru meminta salah satu siswa untuk menceritakan kembali jalan cerita drama yang dilihatnya.

2. Kegiatan inti

  • Guru mengajak siswa membaca dalam hati penggalan teks drama/teks percakapan
  • Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca teks percakapan sesuai pembagian peran siswa
  • Guru membagi siswa dalam kelompok- kelompok kecil.
  • Siswa mengerjakan tugas pertanyaan bacaan /diskusi kelompok
  • Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok di depan kelas
  • Kelompok lain memberi tanggapan  laporan

3. Kegiatan Penutup

  • Guru menugasi siswa mendengarkan/menyaksikan drama TV kemudian mencari jawab dari pertanyaan ( apa, siapa, kapan, di mana ), atau
  • Guru memberi siswa tugas/PR  membaca  teks percakapan dari buku perpustakaan

E. Penilaian

1.  Penilaian proses

Teknik        : tes

Bentuk      : Essay

1).  Soal dikerjakan secara klasikal

Materi teks percakapan sebagai berikut:

Rima     : “Apa yang sedang kamu lakukan, Ardi?”

Ardi      :“ Aku sedang mengamati perubahan cuaca dengan barometer sederhana.“

Rima     :“Barometer itu apa?“

Ardi      :“Barometer adalah alat untuk mengukur tekanan udara. Barometer digunakan untuk memperkirakan keadaan cuaca dan mengetahui ketinggian suatu tempat dari permukaan laut.“

Rima     :“Kalau begitu bagi pilot dan pelaut barometer itu sangat penting ya?“

Ardi      :“Betul. Dengan barometer mereka dapat memprediksikan cuaca yang akan terjadi, sehingga mereka dapat berhati-hati saat membawa alat-alat tranportasi yang mereka kemudikan. Bila cuaca sangat buruk biasanya para pilot akan menunda keberangkatan pesawat.  Para pelautpun juga harus paham betul cuaca, kalau salah memprediksi keadaan cuaca bisa jadi ketika berada di tengah laut akan dihantam badai“

Pertanyaan bacaan untuk kalasikal.

  1. Siapa sajakah tokoh dalam teks percakapan ?
  2. Apa guna barometer?
  3. Siapakah yang sangat membutuhkan barometer?

Kunci jawaban

1.Rima dan Ardi

2.Untuk mengukur tekanan udara dan ketinggian tempat

3.Pilot dan nakhoda

2). Materi latihan untuk kelompok kecil

Teks percakapan untuk dikerjakan oleh kelompok kecil

Materi teks percakapan sebagai berikut:

Ida     :” Nanti sore jadi kan ?”

Nani  :” Saya minta izin Ibu dulu.”

Ida     :”Memangnya akan belajar kelompok saja harus minta izin?”

Nani  :“Saya tidak ingin kelaurgaku  kebingunan mencari-cariku.”

Ida     : “Baik saya tunggu nanti sore.”

Pertanyaan bacaan untuk kelompok

  1. Siapakah yang melakukan percakapan dalam teks di atas?
  2. Apa yang harus dilakukan ketika akan meninggalkan rumah?
  3. Mengapa Nani harus minta izin kepada Ibunya?

Kunci jawaban soal pertanyaan bacaan untuk kelompok.

1. Ida dan Nani

2. Harus minta izin dahulu kepada orangtua

3. Agar ibunya tidak bingung mencari-carinya.

3).  Materi latihan untuk kelompok kecil

Teks sebagai berikut.

(Pertandingan silat antara Dirga dan Iwan segera akan dimulai)

Edi      :” Sudah siap ,Wan?”

Iwan   :”Siap, aku yakin, tidak lebih dari lima menit aku mampu menundukkan Dirgo. Kemampuan Dirgo itu tidak lebih dari setengah kekuatanku.”

(Pertandingan mulai. Dirgo dan Iwan saling serang. Belum lebih dari tiga menit pertandingan berlangsung, pertandingan dihentikan oleh wasit)

Iwan    :“Aduh, aduh, aduh kakiku terkilir.“

Pertanyaan bacaan.

  1. Siapakah yang terlibat dalam percakapn dalam teks di atas?
  2. Apa yang sangat diyakini oleh Edy?
  3. Mengapa Iwan berteriak-teriak?

Jawab pertanyaan bacaan.

  1. Edy dan Iwan
  2. Edy yakin mampu mengalahkan Iwan
  3. Karena kaki Iwan terkilir.
  1. Penilaian hasil

Penilaian hasil dilaksanakan pada pertemuan keempat atau selesai satu kompetensi dasar

Kriteria & Instrument penilaian :

  1. Skor untuk soal nomor 1  =  2
  2. Skor untuk soal nomor 2  =  2
  3. Skor untuk soal nomor 3  =   6

——————————–

Jml skor                10

F.  Alat dan Sumber belajar

1. Alat belajar  :

2. Sumber belajar :

-  Teks percakapan  dari ( penggalan naskah drama, koran, majalah,  atau karya guru pribadi)

-  Buku Bahasa Indonesia yang relevan

- KTSP

Yogyakarta, ……………………….2009

Mengetahui

Kepala SD WIDORO                                               Guru kelas IV

Fauzie                                                              Muh.Wardanuddin

NIP.19531021 1976 04 1 001

BAB  II

SKENARIO  PEMBELAJARAN

GAMBARAN INTERAKSI GURU DAN MURID DALAM PEMBELAJARAN

No. Kegiatan Guru Kegiatan Siswa
1. Guru mengucapkan salam Siswa membalas salam dari guru
2. Guru bertanya kepada siswa:

  1. Siapa yang sering nonton TV?
  1. Acara apa saja yang ada dalam TV?
Siswa menjawab pertanyaan guru.Jawaban yang diharapkan yang sering nonton TV ( Ayah, Ibu, Paman, Bibi,

Tante, Kakek, Nenek, Adik, Saya)

Acara yang ditayangkan di TV di antaranya, berita, iklan musik, lawak, juga sinetron.

3. Pertanyaan guru dilanjutkan bila ada siswa yang menjawab salah satu acara di TV yaitu sinetron. ( Guru mengungkap pengetahuan siswa berkait dengan pengalaman yang didapat melalui media TV)Misal pertanyaan,

  1. Siapah tokoh utama cerita?

Adakah tokoh jahat dalam cerita, bila ada sebutkan !

Siapakah tokoh baik dalam cerita?

Bagaimanakah jalan cerita sinetron tersebut?

Misal jawabanSiswa menyaksikan sinetron di TV judul Jin dan Jun.

Tokok utama  : Jun

Tokoh jahat    : Ucil dan Son

Tokoh baik     :  Jin

Jalan cerita     : Ada penjahat (Son dan Ucil) yang sering menggangu kebahagian keluarga Jun. Keluarga Jun gelisah. Kebahagian kelurga Jun kembali tercipta setelah mendapat pertolongan dari JIN sahabat Jun.

4. Guru menceritakan proses pembuatan sinetron secara sederhana kepada siswa.Sinetron kependekan dari sinema elektronik yaitu film di layer kaca/TV. Para pemeran dalam sinetron setelah hafal dialog, dirias/diberi kostum atau pakaian sesuai perannya selanjutnya direkam dengan kamera video atau istilahnya dishooting. Hasil shooting itulah yang kemudian kita nikmati di TV bernama sinetron. Siswa mendengarkan penjelasan guru
5. Guru bertanya kepada siswa, adakah yang pernah bermain drama ? Jawaban yang diharapkan (ada /belum)  pernah bermain drama.
6. Apa yang harus dilakukan para pemain drama sebelum pentas?( guru memberikan pujian kepada siswa yang mampu menjelaskan hal-hal yang haru dipersiapkan sebelum pentas bagi seorang pemain drama) Jawaban yang diharapkan,Sebelum pentas para pemain drama harus menghafalkan naskah drama.

Selain menghafalkan naskah harus mampu memainkan watak tokoh sesuai peran masing-masing.

7. Guru membagikan teks percakapan penggalan naskah drama atau siswa diminta membuka buku Bahasa Indonesia yang ada teks percakapnnya. Siswa membaca teks percakapandalam hati.
Misal teks percakapan sebagai berikut.Rima     : “Apa yang sedang kamu lakukan, Ardi?”

Ardi      :“ Aku sedang mengamati perubahan cuaca dengan barometer sederhana.“

Rima     :“Barometer itu apa?“

Ardi      :“Barometer adalah alat untuk mengukur tekanan udara. Barometer digunakan untuk memperkirakan keadaan cuaca dan mengetahui ketinggian suatu tempat dari permukaan laut.“

Rima     :“Kalau begitu bagi pilot dan pelaut barometer itu sangat penting ya?“

Ardi      :“Betul. Dengan barometer mereka dapat memprediksikan cuaca yang akan terjadi, sehingga mereka dapat berhati-hati saat membawa alat-alat tranportasi yang mereka kemudikan. Bila cuaca sangat buruk biasanya para pilot akan menunda keberangkatan pesawat.  Para pelautpun juga harus paham betul cuaca, kalau salah memprediksi keadaan cuaca bisa jadi ketika berada di tengah laut akan dihantam badai“

8. Guru meminta siswa untuk memamahami teks percakapan Siswa memahami teks percakapn / membaca berulang-ulang.
9. Guru meminta beberapa siswa untuk bermain drama penggalan percakapan Rima dan Ardi Siswa melaksanakn permintaan guru:Ada yang yang berperan sebagai Rima dan ada juga sebagai Ardi.
10. Guru membagikan kertas kerja yang berisi pertanyaan:Siapa sajakah tokoh dalam teks percakapan ?

Apa guna barometer?

Siapakah yang sangat membutuhkan barometer?

Dalam kelompok kecil siswa mengerjakan tugas guru.Jawaban yang diharapkan,

-Rima dan Ardi

-Untuk mengukur kelembaban dan     ketinggian tempat

-Para pilot dan nahkoda

11. Guru melakukan diskusi klasikal Siswa Tanya jawab antar siswa juga konfirmasi dengan guru
12. Guru membagi siswa menjadi  beberapa kelompok kecil kemudian membagikan teks percakapan untuk dikerjakan siswa. Siswa membagi diri dalam kelompok-kelompok kecil.Siswa mengerjakan tugas dari guru
Teks percakapn untuk latihan ke- 1Ida     :” Nanti sore jadi kan ?”

Nani  :” Saya minta izin Ibu dulu.”

Ida     :”Memangnya akan belajar kelompok saja harus minta izin?”

Nani  :“Saya tidak ingin kelaurgaku    kebingunan mencari-cariku.”

Ida    : “Baik saya tunggu nanti sore.”

Pertanyaan bacaan untuk kelompok

1.  Siapakah yang melakukan percakapan dalam teks di atas?

  1. Apa yang harus dilakukan ketika akan meninggalkan rumah?

3. Mengapa Nani harus minta izin kepada Ibunya?

Jawaban yang diharapkan ;Kunci jawaban  untuk soal kelompok.

1. Ida dan Nani

2. Harus minta izin dahulu kepada orangtua

3. Agar Ibu Nani tidak binging mencarinya.

Soal  Latihan Ke – 2(Pertandingan silat antara Dirga dan Iwan segera akan dimulai)

Edi      :” Sudah siap ,Wan?”

Iwan   :”Siap, aku yakin, tidak lebih dari lima menit aku mampu menundukkan Dirgo. Kekampuan Dirgo itu tidak lebih dari setengah kekuatanku.”

(Pertandingan mulai. Dirgo dan Iwan saling serang. Belum lebih dari tiga menit pertandingan berlangsung, pertandingan dihentikan oleh wasit)

Iwan    :“Aduh, aduh, aduh kakiku terkilir.“

Pertanyaan bacaan.

  1. Siapakah yang terlibat dalam percakapn dalam teks di atas?
  1. Apa yang sangat diyakini oleh Edy?
  1. Mengapa Iwan berteriak-teriak?
Siswa melakukan diskusi kelompokKita tidak boleh meremehkan kekutan lawan.

Jawab pertanyaan bacaan.

  1. Edy dan Iwan
  1. Edy yakin mampu mengalahkan Iwan
  1. Karena kaki Iwan terkilir
14. Guru menilai pekerjaan siswa.Guru memilih pekerjaan kelompok siswa yang terbaik untuk dipajang di papan pajangan. Siswa membantu guru memajangkan hasil terbaik.
15. Guru menugasi siswa  menyaksikan  sinetron di TV kemudian menuliskan pokok pikiran. Siswa melaksanakan tugas dari guru
Atau,Guru menugasi siswa untuk mrndengarkan drama dari Radio kemudian mencari pokok pikiran. Siswa melaksanakan tugas dari guru
Atau,Guru menugasi siswa untuk menyimak pembicaraan orang, kemudian mencari inti pembicaraan/pokok pikiran Siswa melaksanakan tugas dari guru
Atau,guru menugasi siswa untuk mencari penggalan teks percakapan dari buku ceita di perpustakaan, kemudian mencari pokok pikirannya. Siswa melaksanakan tugas dari guru

BAB III

KETERANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

A. Kegiatan eksplorasi

  1. Guru bertanya siswa-adakah siswa yang senang acara drama/sinetron di TV.
  2. Guru meminta salah satu siswa untuk menceritakan kembali jalan cerita drama yang dilihatnya.
  3. Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok di depan kelas

B. Kegiatan elaborasi

  1. Guru mengajak siswa membaca dalam hati penggalan teks drama/teks percakapan
  2. Guru menunjuk beberapa siswa untuk membaca teks percakapan sesuai pembagian peran siswa
  3. Guru membagi siswa dalam kelompok- kelompok kecil.
  4. Siswa mengerjakan tugas pertanyaan bacaan /diskusi kelompok
  5. Kelompok lain memberi tanggapan  laporan
  6. Guru/siswa memajangkan hasil terbaik
  7. Guru menugasi siswa mendengarkan/menyaksikan drama TV kemudian menjawab pertanyaan  ( apa, siapa, kapan di mana, dll)
  8. Guru memberi siswa tugas/PR membaca  teks percakapan dari buku perpustakaan

C. Kegiatan konfirmasi

  1. Guru bertanya siswa-adakah siswa yang senang acara drama/sinetron di TV 2.  Guru Tanya jawab perihal isi teks percakapan dan mencari pikiran pokok

BAB  I

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                        : Bahasa IndonesiaKelas/Semester                        : IV / 1

Pertemuan ke-                         : 1 ( satu) dari 3 kali pertemuan

Pertemuan ke-2 dan -3 dibuat sendiri

oleh guru.

Alokasi Waktu                        : 2 jam pelajaran (70 menit)

Standar Kompetensi               : 4. MenulisMengungkapkan pikiran, perasaan, dan isi informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat

Kompetensi dasar                    :  4.4. menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf capital, dan tanda titik.

Indikator :

  • Menjelaskan bagian-bagian surat
  • Menjelaskan penggunaan Ejaan yang Disempurnakan dengan benar
  • Menulis surat tentang pengalaman

A.  Tujuan Pembelajaran

1. Dengan  diskusi kelompok siswa dapat menjelaskan bagian-bagian surat.

2. Dengan tanya jawab siswa dapat menjelaskan penggunaan EYD secara benar.

3.  Dengan penugasan siswa dapat menulis surat tetang pengalaman pribadi.

B. Materi Ajar

Pertemuan I

  1. Membaca surat
  2. bagian-bagian surat

Pertemuan II

  1. Bagian surat
  2. Menunils surat  ( isi pengalaman pribadi)
  3. EYD (huruf kapital, tanda baca koma, tanya dan titik)

Pertemuan III

Evaluasi

  1. Pendekatan dan Metode Pembelajaran

1. Pendekatan       : CTL,Kooperatif Learning

2. Metode              : Penugasan, tanya jawab, ceramah, diskus

  1. Kegitan Pembelajaran  ( Pertemuan pertama)
  1. Kegiatan Pendahuluan
    1. Guru membuka pelajaran dengan salam
    2. Guru bertanya kepada siswa,“Siapa yang pernah bertemua Pak Pos?“
    3. Guru meminta kepada siswa yang pernah bertemu Pak Pos untuk menceritakan pengalamannya bertemu Pak Pos.
      • Kegiatan inti
      1. Guru mengajak siswa membaca dalam hati  secarik surat
      1. Guru Tanya jawab perihal bagian-bagian surat.
      2. Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil
      3. Guru membagikan teks surat
      4. Guru meminta siswa membaca teks surat
      5. Guru meminta siswa mendiskusikan  bagian-bagian surat
      6. Siswa melaporkan hasil diskusi
      7. Siswa menanggapi laporan diskusi kelompok
      8. Guru memajangkan hasil pekerjaan kelompok yang terbaik
      • Kegiatan Akhir
  1. Guru memberi siswa pekerjaan rumah siswa membaca surat kemudian mencari bagian-bagian surat.
  • Penilaian

Penilaian proses

Teknik       : tes

Bentuk      : Esay

  1. Soal dikerjakan secara klasikal

Materi teks surat sebagai berikut

Kulonprogo, 13 Agustus 2008

Untuk Rina

Di Semarang

Rina sahabatku. Aku kabarkan bahwa keluargaku di Wates dalam keadaan sehat wal afiat.  Aku doakan semoga Rina beserta keluarga di Semarang juga  dalam keadaan sehat wal afiat. Amin.

Rina, aku beserta kawan-kawan di Wates sangat merindukan Rina. liburan kenaikan kelas kemarin mengapa tidak jadi pulang ke Wates?  Kalau teman-teman di Wates liburan kemarin bertamasya ke Pantai Glagah. Pantainya sangat Indah. Rina pergi ke mana?

Sekian dulu surat saya, jangan lupa dibalas, ya!

Sahabatmu,

Alma Nurita

Pertanyaan bacaan isi surat

    1. Kapan surat itu ditulis?
    2. Siapa yang menulis surat?
    3. Kepada siapa surat itu ditujukan
    4. Teman-teman Rina yang di Wates bertamasya ke mana?
    5. Sebutkan bagian-bagian surat

Kunci Jawaban

  1. Surat ditulis 13 agustus 2008
  2. Yang menulis surat Alma Nurita
  3. Surat ditujukan kepada Rina
  4. Bertamasya ke Pantai Glagah
  5. Bagian pembuka, bagian Isi, bagian penutup
  1. Materi untuk kelompok kecil.

Semarang, 15 Agustus 2008

Untuk Sahabatku Tata

di Wates

Tata sahabatku, kabarku di Semarang sehat-sehat saja. Semoga keadaanmu juga sehat adanya.

Tata, maaf, Ya! Liburan kemarin aku tidak jadi pulang ke Wates karena ayahku pergi ke Jakarta. Kasihan kalau ibu aku tinggal sendirian di rumah. Liburan aku tidak  pergi ke mana-mana, aku hanya di rumah bersama Ibu.

Sekian surat Rina, kapan-kapan kita sambung lagi.

Sahabatmu,

Rina Astuti

Pertanyaan bacaan

1. Kapan surat itu ditulis?

2. Siapa yang menulis surat?

3. Kepada siapa surat itu ditujukan?

4. Mengapa penulis surat tidak jadi ke Wates?

5. Sebutkan bagian-bagian surat?

6. Buatlah contoh bagian pembukaan surat

Kunci jawaban

  1. surat ditulis pada tanggal 15 Agustus 2008
  2. Yang menulis surat yaitu Rina Astuti
  3. Surat ditujukan kepada Tata
  4. Karena ayah Tata sedang pergi ke Jakarta
  5. Bagian –bagian surat

a. Bagian Pembukaan

Untuk Sahabatku Tata

di Wates

Tata sahabatku, kabarku di Semarang sehat-sehat saja. Semoga keadaanmu juga sehat adanya.

b.Bagian isi surat

Tata, maaf, Ya! Liburan kemarin aku tidak jadi pulang ke Wates karena ayahku pergi ke Jakarta. Kasihan kalau ibu aku tinggal sendirian di rumah. Liburan aku tidak  pergi ke mana-mana, aku hanya di rumah bersama Ibu.

c. Bagian penutup surat

Sekian surat Rina, kapan-kapan kita sambung lagi.

Sahabatmu,

Rina Astuti

  1. Misal,

Bagian Pembukaan surat pribadi

Untuk Dina yang sedang bahagia

di Surabaya

Dina, dengan surat ini aku kabarkan bahwa keadaanku keluargaku di Yogyakarta dalam keadaan sehat wal afiat. Aku berdosa semoga demikian juga halnya keluargamu di Surabaya

Kriteria Penilaian Surat

No Aspek penilaian Nilai
1. Isi
  1. sesuai materi dan lengkap
  2. sesuai materi kurang lengkap
  3. kurang sesuai materi
  4. tidak sesuai materi
4030

20

10

2. Kebahasaaan
  1. Struktur kalimat & EYD benar
  2. Struktur kalimat benar, EYD kurang benar
  3. Struktur kalimat b& EYD banyak kesalahan
3020

10

3. Bentuk
  1. tulisan bagus, terbaca, rapi
  2. tulisan bagus, terbaca, kurang rapi
  3. tulisan kurang bagus, terbaca, kurang rapi
3020

10

Jumlah skor maksimal 100

Format Penilaian Menulis Surat

No Nama Aspek Penilaian Jumlah
Isi Kebahasaan Bentuk
1. Bayu Dewa Nata
2. Wisa Geni Daru Dewi
3. Denada
4. dst
  1. Alat dan Sumber bahan

1. Alat   :

2. Sumber belajar  ;

a. buku yang relevan

b. teks surat buatan guru

c. Dokumen KTSP

Yogyakarta, ……………………….

Mengetahui

Kepala SD WIDORO                                               Guru kelas IV

Fauzie                                                              Muh.Wardanuddin

NIP.19531021 1976 04 1 001

BAB II

SKENARIO  PEMBELAJARAN

GAMBARAN INTERAKSI GURU DAN MURID DALAM PEMBELAJARAN

No. Kegiatan Guru Kegiatan Siswa
1. Guru mengucapkan salam-Selamat pagi ana-anak Siswa membalas salam dari guru- selamat pagi
2. Guru bertanya kepada siswa-siapa yang pernah melihat Pak Pos ketika sedang bekerja ?

- Apa saja yang dibawa Pak pos

Siswa menjawab pertanyaan guruMisal:

-Saya pernah melihat Pak Pos.

- saya pernah, kemarin.

-Yang dibawa Pak Pos: tas besar berisi, surat, wesel, paket, juga kartu pos.

3. Guru membagikan teks surat sederhana kepada siswa. Siswa membaca teks surat
Kulonprogo, 13 Agustus 2008Untuk Rina

Di Semarang

Rina sahabatku. Aku kabarkan bahwa keluargaku di Wates dalam keadaan sehat wal afiat.  Aku doakan semoga Rina beserta keluarga di Semarang juga  dalam keadaan sehat wal afiat. Amin.

Rina, aku beserta kawan-kawan di Wates sangat merindukan Rina. liburan kenaikan kelas kemarin mengapa tidak jadi pulang ke Wates?  Kalau teman-teman di Wates liburan kemarin bertamasya ke Pantai Glagah. Pantainya sangat Indah. Rina pergi ke mana?

Sekian dulu surat saya, jangan lupa dibalas, ya!

Sahabatmu,

Alma Nurita

4. Guru memberikan pertanyaan berkait dengan isi suratPertanyaan bacaan isi surat

1. Kapan surat itu ditulis?

  1. Siapa yang menulis surat?
  2. Kepada siapa surat itu ditujukan
  3. Teman-teman Rina yang di Wates bertamasya ke mana?
  4. Sebutkan bagian-bagian surat
Siswa mengerjakan tugas guru
5. Guru bersama siswa mencocokan hasil pekerjaan siswaKunci Jawaban

  1. Surat ditulis 13 agustus 2008
  2. Yang menulis surat Alma Nurita
  3. Surat ditujukan kepada Rina
  4. Bertamasya ke Pantai Glagah
  5. Bagian pembuka, bagian Isi, bagian penutup
Siswa mencocokan pekerjaannya
6. Guru membagi siswa dalam kelompok kelompok  kecil Siswa membagi diri dalam kelompok – kelompok kecil
7. Guru membagikan tugas kelompok Siswa mengerjakan tugas kelompok secara bersama-sama
Teks tugas kelompokBacalah surat di bawah ini dengan cermat!

Semarang, 15 Agustus 2008

Untuk Sahabatku Tata

di Wates

Tata sahabatku, kabarku di Semarang sehat-sehat saja. Semoga keadaanmu juga sehat adanya.

Tata, maaf, Ya! Liburan kemarin aku tidak jadi pulang ke Wates karena ayahku pergi ke Jakarta. Kasihan kalau ibu aku tinggal sendirian di rumah. Liburan aku tidak  pergi ke mana-mana, aku hanya di rumah bersama Ibu.

Sekian surat Rina, kapan-kapan kita sambung lagi.

Sahabatmu,

Rina Astuti

Guru memberikan pertanyaan/tugas berkait dengan surat Siswa menjawab dan atau menyelesaikan tugas
Pertanyaan bacaan1. Kapan surat itu ditulis?

2. Siapa yang menulis surat?

3. Kepada siapa surat itu ditujukan?

4. Mengapa penulis surat tidak jadi ke Wates?

5. Sebutkan bagian-bagian surat?

6. Buatlah contoh bagian pembukaan surat

Kunci jawaban

  1. surat ditulis pada tanggal 15 Agustus 2008
  2. Yang menulis surat yaitu Rina Astuti
  3. Surat ditujukan kepada Tata
  4. Karena ayah Tata sedang pergi ke Jakarta
  5. Bagian –bagian surat

a. Bagian Pembukaan

Untuk Sahabatku Tata

di Wates

Tata sahabatku, kabarku di Semarang sehat-sehat saja. Semoga keadaanmu juga sehat adanya.

b.Bagian isi surat

Tata, maaf, Ya! Liburan kemarin aku tidak jadi pulang ke Wates karena ayahku pergi ke Jakarta. Kasihan kalau ibu aku tinggal sendirian di rumah. Liburan aku tidak  pergi ke mana-mana, aku hanya di rumah bersama Ibu.

c. Bagian penutup surat

Sekian surat Rina, kapan-kapan kita sambung lagi.

Sahabatmu,

Rina Astuti

  1. Misal,

Bagian Pembukaan surat pribadi

Untuk Dina yang sedang bahagia

di Surabaya

Dina, dengan surat ini aku kabarkan bahwa keadaanku keluargaku di Yogyakarta dalam keadaan sehat wal afiat. Aku berdosa semoga demikian juga halnya keluargamu di Surabaya

Kriteria Penilaian Surat

No Aspek penilaian Nilai
1. Isi
  1. sesuai materi dan lengkap
  2. sesuai materi kurang lengkap
  3. kurang sesuai materi
  4. tidak sesuai materi
4030

20

10

2. Kebahasaaan
  1. Struktur kalimat & EYD benar
  2. Struktur kalimat benar, EYD kurang benar
  3. Struktur kalimat b& EYD banyak kesalahan
3020

10

3. Bentuk
  1. tulisan bagus, terbaca, rapi
  2. tulisan bagus, terbaca, kurang rapi
  3. tulisan kurang bagus, terbaca, kurang rapi
3020

10

Jumlah skor maksimal 100

Format Penilaian Menulis Surat

No Nama Aspek Penilaian Jumlah
Isi Kebahasaan Bentuk
1. Bayu Dewa Nata
2. Wisa Geni Daru Dewi
3. Denada
4. dst
Guru meminta siswa melaporkan hasil kerja kelompok Siswa melaporkan hasil kerja kelompok
Guru meminta kelompok selain penyaji menenggapi Kelompok selain penyaji diskusi memberi tanggapan
Guru memeriksa hasil diskusi dan memajangkannya Siswa memebantu memajangkan
Guru memberi tugas rumah Siswa mengerjakan tugas rumah

BAB III

KETERANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. Kegiatan Eksplorasi
  • Guru bertanya kepada siswa,“Siapa yang pernah bertemua Pak Pos?“
  • Guru meminta kepada siswa yang pernah bertemu Pak Pos untuk  menceritakan pengalamannya bertemu Pak Pos
  • Siswa melaporkan hasil diskusi
  1. Kegiatan Elaborasi
  • Guru mengajak siswa membaca dalam hati  secarik surat
  • Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil.
  • Guru membagikan teks surat
  • Guru meminta siswa membaca teks surat
  • Guru meminta siswa mendiskusikan  bagian-bagian surat
  • Siswa menanggapi laporan diskusi kelompok
  • Guru memajangkan hasil pekerjaan kelompok yang terbaik
  1. Kegiatan Konfirmasi
  • Guru Tanya jawab perihal bagian-bagian surat
  • Guru memberi siswa pekerjaan rumah siswa membaca surat kemudian mencari bagian-bagian surat.
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s