PEMETAAN DAN RPP TEMATIK KLS 1 SEM 1 TEMA KEGEMARAN

PEMETAAN MATERI TEMATIK

Tema                           : Kegemaran

Kelas / Semester          : I / 1

Pert Ke Mapel SK KD Indikator
1. Bahasa Indonesia Menulis

4. Menulis permulaan denganmenjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin

4.3. Mencontoh huruf, kata-kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
  • Menjiplak contoh huruf, kata, kalimat
  • Menyebutkan kata, kalimat sederhana
  • Menulis huruf, kata dan kalimat
IPA Makhluk hidup dan proses kehidupan

1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaan serta perawatannya

Membiasakan hidup sehat
  • Menmyebutkan contoh perilaku hidup sehat
  • Menjelaskan manfaat hidup sehat
  • Melaksanakan perilaku hidup sehat dalam kegiatan sehari-hari
2. Bahasa Indonesia Mendengarkan

1. Memahami bunyi bahasa perintah dan dongeng yang dilisankan

Membedakan berbagai bunyi bahasa
  • Mengenal bunyi bahasa ( a, i, u )
  • Membedakan bunyi bahasa ( batu, bata )
  • Melafal kata bunyi bahasa ( o o o, a a a, i i i, u u u )
Matematika Bilangan

1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
  • Membaca penjumlah hasil kurang dari 20
  • Menjumlahkan dua bilangan satu angka hasil kurang dari 20
  • Menjumlahkan dua bilangan satu angka dngan hasil kurang 20
3. IPS 1. Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga Menceritakan kasih saying antara anggota keluarga
  • Menyebutkan kasih sayang orang tua kepada anak
  • Memberi contoh kasih sayang orang tua kepada anak
  • Memberi contoh kasih sayang antar anggota keluarga
Matematika Bilangan

1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
  • Mengurangkan bilangan dua angka dan bilangan satu angka tidak menyimpan
  • Mengurangkan bilangan dua angka dengan menyimpan
Pert Ke Mapel SK KD Indikator
  • Mengurangkan bilangan   dua angka dan  dua   angka tidak menyimpan
4 PKn 1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan 1.3.Memberi contoh hidup rukun melalui kegiatan dirumah dan disekolah
  • Menyebutkan contoh hidup rukun dirumah
  • Menyebutkan contoh hidup rukun disekolah
  • Menyebutkan contoh hidup rukun dengan anggota keluarga
Bahasa Indonesia 1. Memahami bunyi bahasa perintah dan dongeng yang dilisankan 1.2. Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
  • Membaca petunjuk sederhana
  • Menjelaskan cara melakukan kegiatan sesuai petunjuk sederhana
  • Melaksanakan contoh kegiatan sesuai petunjuk sederhana
5 Matematika Bilangan

1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
  • Mengurangkan bilangan satu angka dengan dua angka tidak dengan menyimpan
  • Mengurangkan bilangan satu angka dengan dua angka dengan menyimpan
  • Mengurangkan bilangan dua angka dengan dua angka tidak dengan menyimpan
SBK 2. Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresi 2.1. Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresi
  • Menggambar sesuai ekspresi
  • Mewarnai gambar sesuai ekspresi
  • Mendemonstrasikan gambar sesuai ekspresi
6 Bahasa Indonesia Mendengarkan

1. Memahami bunyi bahasa dan dongeng yang disalinnya

Mendengarkan, melaksanakan sesuatu sesuai perintah atau petunjuk sederhana
  • Menentukan isi perintah
  • Menyebutkan cara melaksanakan perintah
  • Melaksanakan perintah sesuai dengan cara yang benar
IPA Makhluk hidup dan proses kehidupan

1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaan serta perawatannya

1.3. Membiasakan hidup sehat
  • Menyebutkan contoh perilaku hidup sehat
  • Menjelaskan pentingnya hidup sehat
  • Berperilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari
Pert Ke Mapel SK KD Indikator
7 Bahasa Indonesia Menulis

4. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin

4.2. Menebalkan berbagai bentuk gambar lingkaran dan bentuk huruf
  • Menebalkan gambar
  • Menebalkan gambar lingkaran
  • Menebalkan beberapa bentuk huruf
Matematika Bilangan

1. Melakukan  penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20
  • Menentukan bentuk penyelesaian masalah penjumlahan dan pengurangan
  • Menentukan langkah penyelesaian masalah
  • Menyelesaikan penjumlahan bilangan sampai 20
8 IPS 1. Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga Menceritakan kasih sayang antara anggota keluarga
  • Menyebutkan kasih sayang orang tua kepada anak
  • Menceritakan kasih sayang orang tua kepada anak
  • Memberi contoh kasih sayang orang tua kepada anak
Matematika Bilangan

1. Melakukan  penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20
  • Mengenal hubungan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
  • Menjumlahkan dua bilangan satu angka
  • Mengurangkan dua bilangan satu angka
9 PKn 1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan 1.3.Memberi contoh hidup rukun melalui kegiatan dirumah dan disekolah
  • Menyebutkan contoh hidup rukun dirumah
  • Melakukan kegiatan yang mencerminkan hidup rukun dirumah dan disekolah
  • Memberi contoh hidup rukun disekolah
Bahasa Indonesia Menulis

4. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin

4.2. Menebalkan berbagai bentuk gambar lingkaran dan bentuk huruf
  • Menebalkan gambar
  • Menebalkan gambar lingkaran
  • Menebalkan beberapa bentuk huruf
Pert Ke Mapel SK KD Indikator
10 Matematika Bilangan

1. Melakukan  penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20
  • Menetukan penyelesaian penjumlahan dan pengurangan
  • Membuat kalimat matematika tentang penjumlahan dan pengurangan
  • Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan
SBK Seni musik

2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

3.3. Menunjukkan sikap apresiasi terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
  • Melakukan sikap yang mampu menghasilkan bunyi
  • Mendemonstrasikan dengan bertepuk tangan, bersiul, bernyanyi atau hentakan kaki
  • Melakukan apresiasi dari dua atau lebih bunyi yang dihasilkan dua atau lebih gerakan

BAB I

MODEL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) TEMATIK

Tema                                       : Kegemaran

Sub Tema                                : Olah raga

Kelas / Semester                      : I / 1

Alokasi Waktu                        : 4 Jam Pelajaran ( 1 X Pertemuan )

Pert Ke Mapel SK KD Indikator
1. Bahasa Indonesia Menulis

4. Menulis permulaan denganmenjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin

4.3. Mencontoh huruf, kata-kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar
  • Mencontoh beberapa huruf lepas
  • Mencontoh penulisan kata
  • Mencontoh atau menyalin kalimat pendek
IPA Makhluk hidup dan proses kehidupan

1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaan serta perawatannya

1.3. Membiasakan hidup sehat
  • Menyebutkan contoh perilaku hidup sehat
  • Menjelaskan pentingnya hidup sehat
  • Berperilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari
  1. Tujuan Pembelajaran
    1. Melalui pengamatan dan praktek menulis berulang-ulang siswa dapat :
      1. Mencontoh beberapa huruf
      2. Menulis kata sederhana
      3. Menulis kalimat sederhana
      4. Melalui pengamatan gambar, Tanya jawab, dan diskusi siswa dapat :
        1. Menjelaskan contoh hidup sehat
        2. Menyebutkan manfaat hidup sehat
        3. Membiasakan diri hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari
  1. Materi Ajar ( Materi Pokok )
    1. Bahasa Indonesia
  • Menulis huruf, kata dan kalimat sederhana
  1. IPA
  • Kebutuhan tubuh untuk hidup
  1. Metode Pembelajaran
  • Ceramah
  • Observasi / pengamatan alat-alat olah raga
  • Tanya jawab
  • Diskusi
  • Tugas
  1. Kegiatan Pembelajaran
    1. Kegiatan Pendahuluan

Guru menggali informasi dari siswa tentang :

  • Siapa yang suka berolah raga ?
  • Olah raga apa yang paling disukai ?
  • Alat olah raga apa saja yang kamu ketahui ?
  1. Kegiatan inti

Guru menunjukkan bola kepada siswa

  • Guru bertanya kepada siswa tetntang alat olah raga yang ditunjukkan guru
  • Anak diajak mencermati alat olah raga
  • Guru membagikan gambar kepada setiap siswa kemudian siswa disuruh menuliskan nama alat olah raga
  • Siswa menulis huruf, kata dan kalimat sederhana
  • Siswa diajak untukm mengenali cara hidup sehat
  • Siswa diajak berdiskusi tentang perilaku hidup sehat
  • Siswa menjawab pertanyaan dari guru :

–     Apa gunanya berolah raga ?

–     Kapan waktu berolah raga yang baik ?

–     Apa manfaat olah raga bagi tubuh kita ?

  1. Kegiatan Penutup

Membuat kesimpulan tentang :

  • Cara menulis kata dan kalimat yang benar
  • Cara menjaga kesehatan badan
  • Cara membiasakan untuk hidup sehat
  1. Penilaian
    1. Penilaian lisan
      1. Apa yang kamu lakukan agar badanmu tetap sehat ?
      2. Mengapa kita perlu berolah raga ?
      3. Kapan kamu harus mencuci tangan ?
      4. Kpan waktu berolah raga yang baik ?
      5. Berapa kali mandi dalam sehari ?

BAB  II

SKENARIO PEMBELAJARAN

Gambaran Interaksi Guru dan siswa dalam Pembelajaran
No Kegiatan Guru Kegiatan Siswa
1 Guru bertanya siapa yang pernah berolah raga ?

Alat olah raga apa yang pernah digunakan ?

Siswa menjawab pertanyaan : “ Saya….saya “

Bola, kayu pemukul, dsb

2 Selain berolah raga apa lagi yang kalian lakukan agar badan tetap sehat ?

Pernahkah kamu menjaga kebersihan badanmu ?

Siswa mengacungkan tangan, menyebutkan berolah raga, mandi, dll.

Siswa menjawab bersama-sama

3 Pada kegiatan ini siswa menyebutkan secara bergantian kegiatan yang ada hubungannya dengan olah raga, juga menyebutkan alat olah raga.

Misalnya : Anak menyebutkan jalan pagi, sepak bola, senam, dll

Alat olahraga : bola, kaos, sepatu, dll

Selanjutnya guru menguatkan jawaban anak

4 Disamping berolah raga apa saja yang harus kalian lakukan ? Siswa menjawab : Membiasakan hidup sehat ( mandi, gosok gigi, keramas / cuci rambut, memotong kuku, dll )
5 Guru membagikan gambar contoh tentang hidup sehat, coba tunjukkan gambar apa yang kalian pegang ?. Siswa menyebutkan nama gambar sambil memperlihatkan gambarnya.

Guru mencermati dan memantapkan jawaban anak.

6 Guru mengajak siswa untuk berlatih menulis huruf b, o, i, a di udara Siswa berlatih menulis huruf diudara ( b, o, i, a ) Guru mengamati
7 Guru memberi contoh cara membaca kata  “ bola “ Siswa membaca bersama-sama “ bola “
8 Guru menyuruh siswa untuk menulis huruf, kata, dan kalimat sederhana

Huruf yang harus ditulis: b, n, k, l, u, o, i, a

Kata yang harus ditulis: bola, nana, laku, dll.

Kalimat: ibu nana

Ini bola

Siswa menulis huruf, kata dan kalimat sederhana di buku tulis masing-masing
9 1. Mengenali kegiatan yang berhubungan dengan hidup sehat

2. Mengamati gambar orang berolah raga. Misalnya : bermain bola

10 Guru memberikan pertanyaan yang ada hubungan dengan olah raga juga hidup sehat

Jawablah :

  1. Apa guna berolah raga ?
  2. Kapan waktu berolah raga yang baik ?
  3. Sebutkan alat olah raga yang kamu ketahui /
Siswa menjawab pertanyaan secara bergantian.

  1. Siswa menjawab :” supaya sehat ”
  2. Siswa menjawab : ” Pagi hari ”
  3. Siswa menjawab : ” Bola, sepatu, dll ”
11 Guru dan siswa berdiskusi tentang membiasakan diri hidup sehat.

Siswa mempraktekkan mencuci tangan memakai sabun setelah beristirahat ( sebelum makan )

BAB  III

KETERANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

  1. A. Eksplorasi
  2. Siapa yang sering berolah raga ?
  3. Untuk apa kalian senang berolah raga ?
  4. Guru bertanya kepada siswa tentang membiasakan hidup sehat.
  5. Satu persatu anak diminta menjawab pertanyaan guru, anak yang lain mendengarkan
  6. Siswa diajak mengamati kegiatan sepak bola di lapangan
  7. Siswa dibimbing oleh guru untuk mengenali alat-alat olah raga
  8. siswa disuruh menjelaskan tentang hidup sehat
  1. B. Elaborasi
  2. Guru membagikan gambar kepada setiap siswa kemudian siswa disuruh menuliskan nama alat olahraga
  3. Siswa mendiskusikan tentang perilaku hidup sehat
  4. Siswa menjawab pertanyaan dari guru

Misalnya :

  • Apa gunanya berolah raga ?
  • Kapan waktu olah raga yang pa,ling baik  ?
  • Sebutkan alat olah raga yang kamu ketahui !
  1. C. Konfirmasi
  2. Siswa diajak mencermati alat olah raga dan di biasakan untuk hidup sehat
  3. Secara bergantian siswa melaporkan hasil pengamatan
  4. Siswa diajak membuat kesimpulan tentang :
  • Cara membiasakan hidup sehat
  • Cara merawat tubuh
  • Berolah raga dengan teratur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s